Size of my brain

Come, read and rest your brain (maybe) forever

Tuesday, December 11, 2012

Rivalitas Mommy vs Nanny

Jadi masalah klasik ibu2 yang pake nanny/suster/babysitter/mbak (apapun panggilannya) adalah "persaingan" antara si ibu dan si pengasuh itu untuk menjadi pilihan nomor satu si anak.
Persoalan ini bisa terjadi pada ibu bekerja, ibu yang di rumah saja/ibu rumah tangga atau pun yang bekerja dari rumah, tapi memang impact paling besar rata2 dirasakan oleh ibu2 bekerja.

Untuk ibu bekerja yang meninggalkan anaknya bersama pengasuh rata2 12 jam sehari (pertimbangkan juga macetnya Jakarta yaaa), kadang suka ada kejadian si anak lebih "memilih" pengasuh nya dibanding ibu nya sendiri.
Kalo sudah begitu, rasanya pasti "nyesss" banget yah, ngilu2 gimana di hati hehehe...

Puji Tuhan, gw belum pernah mengalami hal seperti itu. Ius malah bole dibilang lengket luar biasa sama gw. Apalagi kalo udah Sabtu Minggu, semua mua maunya mamiiii...ncus ga bole ngapa2in. Sampai ambilin air minum aja harus mami.
Yang biasa nya bisa makan sendiri, maunya disuapin mami. Bisa naik tangga sendiri, maunya digendong mami. Maka encok lah mami sepanjang weekend.

Beberapa teman dan saudara gw sampai heran, kenapa Ius bisa kayak gitu. Di hari kerja, dia juga ga merengek2 or nangis kalau gw tinggal kerja. Sepertinya dia mengerti.
Terus terang, gw ga punya tips or tricks khusus. Gw juga bukan tipe yang manjain anak. Gw ini tipe emak2 yang galak tegas lho.

Ada teman gw yang bilang, "Lo nyusuin sih yah, jadi Ius lebih dekat sama elo. Bonding nya ada" It can be one of the reason. Walau ada juga teman gw yang anaknya nyusu, tetap aja ga bisa lepas dari nanny nya.
Ada yang bilang, Ius gw pelet. Kurang kerjaan amat yah gw pelet anak sendiri. Mending juga gw pelet siapa gitu yang ganteng, kaya dan royal. *penting*

Kejadian dimana ibu2 yang iri sama pengasuh juga banyak sekali. Sampai ada gw pernah diceritain, nanny nya disuruh pake masker lho sepanjang hari. Bukan karena alasan sterilitas, tapi supaya bayi nya ga kenal sama muka nanny nya *niat banget yah* -___________-''
Extreme case nya, ada salah satu orang yang gw kenal yang sampai marah and mukul/cubit anaknya sendiri gara2 itu anak nangis2 mau nya sama nanny aja :,(

Sebenarnya, kalau ditelaah lagi, itu bukan salah si nanny maupun si anak kan yah? Ada sih, nanny2 yang kurang ajar, mau "menguasai" anak. Tapi itu paling 1-2 kasus.
Dari lingkungan gw, yang sering gw lihat mostly the root cause ada pada orang tua anak itu sendiri kok. Maap yah kalau nanti ada yang tersinggung. But I just want to point out my view.

Ada anak temennya saudara gw yang sangking lengket nya sama nanny, ga bisa ditinggal barang semenit pun sama nanny nya. Nanny ke kamar mandi, anaknya bisa nangi ngejer jejeritan di depan pintu kamar mandi. That's how extreme.
Ada lagi anak lain yang semua mua harus sama nanny nya. Menjurus "anti mama sendiri" kalau mama nya yang mendekat, anaknya langsung nangis dan minta nanny aja.

Dari beberapa kasus di atas, gw penasaran donk, kenapa sih bisa begitu? Gw tanya lah ke orang tua nya (kepo banget yah gw), dan kebetulan juga para emak2 itu curhat sih sama gw (jadi ga kepo2 bener lah yah).

Gw      : "Jadi si anak ini kalo siang di rumah sama siapa aja?"
Temen : "Yah sama si suster sih, ada mbak nya juga. Ada mertua/orang tua juga di rumah gw"
Gw      : "Ohh...Kalau sabtu minggu atau libur, lo "terjun" langsung ngurusin anak?"
Temen : "Yah ngga juga lah, ren. Gw kan cape kerja. Weekend gw pengen istirahat juga."
Gw      : (dalam hati) "That's 1 of the reason why anak lo lebih milih sm nanny sih. Your time for him/her ga ada"
Gw      : "Kalo malam tidur sama elo?"
Temen : "Sama suster lah, ren. Ga sanggup gw. Gw pulang sampe rumah udah jam 8, besok pagi harus bangun jam 5, malam ga bisa gw begadang."
Gw      : (ga comment dan ga nanya apa2 lagi) -___________-

Dont get me wrong yah, I dont judge. I am not against anak tidur sama nanny. But in my very personal opinion, alasannya harus kuat.
If you have babyblues, sakit yang ga memungkinkan elo ngerawat/tidur sm anak, kerja di luar kota dan alasan2 ekstrim/kuat lainnya, then masuk di akal gw if you let your baby sleep with the nanny *campur aduk bahasa gw, sok enggris. Sebodo*
Tapi kalau hanya demi alasan to get your night sleep, capek ngurus bayi, ga bisa begadang, etc...sorry, I have to say: "Dont have baby(ies) at the first place, darling!"
Dan jangan berani2 nya lo komplen kalo anak lo at the end lebih milih si nanny if you let them together 24/7. Apalagi sampe anaknya dipukul and nanny nya disuruh pake masker seharian -__-

You have been selfish enough to let your baby NOT be with you all day and night long, so dont be selfish complaining why the baby/kid chooses the nanny over you.

Cerita paling bikin gw melongo yang pernah gw denger: "Anak gw tidur sama suster nya. Soalnya si Choki (anjing nya) tidur sama gw kan, ren. Mana bisa anak gw juga tidur bareng" (rasanya gw pengen buka itu kepala si emak dan liat isinya. Jangan2 kecilan otak dia dibanding punya gw).

Yah demikianlah....panjang yah booo postingan kali ini. Just my two cents, though.
Again, I am not judging yah. Prinsip gw tetap sama, You dont have to defend yourself. You are the mom, you know what's best.
However, in some cases, you also need to really take a look and re-think what you have done, right?


No comments:

Post a Comment