Size of my brain

Come, read and rest your brain (maybe) forever

Monday, February 18, 2013

The Question(s)

So, I read this article in mommiesdaily dan tanpa sadar gw senyum2 sendiri sambil manggut2 *silakan dibayangkan gaya nya*
Bagi gw artikel itu sangat menggambarkan kenyataan di dunia keluarga dan sedikit banyak gw juga ngalamin seperti yang diceritakan. Dalam artian, ada pertanyaan2 (yang dianggap) standard, biasa dan wajar sehingga terkadang kita jadi begitu tidak sensitif nya menggunakan pertanyaan2 itu, menjurus kepo bahkan terkadang jadi berkesan "maksa" dan menghakimi.

Contoh:
"Waah pengantin baru? Udah isi belum?? Jangan ditunda2 lho...ga baik. Ga usah pake KB lah dulu, nanti mau dapet malah susah lho. Apa kurang "tokcer" aja nih? Perlu ga nih diajarinnn....???"

"Iiih...udah gede yah si kakak, kapan nih dikasih adek? Awas lho kelamaan sendirian nanti jadi manja, egois. Kalo cuma satu mah kurang, jeng. Cepetan lah dikasih adik lagi"

"Anaknya cowo yah dua2nya? Tambah lah satu lagi, cewe gitu. Kan enak kalo komplit ada cowo, ada cewe."

Contoh di atas sih masih versi standard yah. Kadang ada yang tanya sampai menjurus interogasi. Tiap kali ketemu ditanyain. Lama2 rasa nya pengen disambit juga kan yah?? *esmosi*
Lagian apa sih gunanya setelah kita tau pun itu orang kenapa belum punya anak, kenapa anaknya baru satu, kenapa anaknya selusin? Jujur aja deh, 99% itu cuma sebagai pemuas hasrat kita untuk bertanya kan yah?

Buat gw pribadi, I stop being kepo. I stop asking those questions. Kalo gw ketemu orang dan mau basa basi, gw memilih pertanyaan2 lain. Bisa gw tanya apa kabarnya dia, kerja dimana sekarang, tinggal dimana, tas nya bagus beli dimana, lipstik nya bagus merk apa, etc , dll, dsb.
Tuh, banyak kan hal lain yang bisa kita tanyain sebenarnya?
Kalopun keceplosan tanya2 hal begituan (kapan punya anak, etc), biasanya gw akan stop di jawaban pertama orang tersebut. Jadi ga gw cecar lagi lebih jauh. Apalagi kalo orang itu udah keliatan segan/ga niat jawab nya.

Bagi gw masalah mau punya anak kapan, mau punya anak berapa banyak, mau cowo mau cewe, itu semua urusan pribadi masing2 keluarga. If they want our opinion, they will ask kok. Kalo mereka mau cerita, mereka akan cerita kok. If they dont tell you, it means they dont want to tell you (yet).

Gw totally setuju dengan pendapat si penulis artikel di atas, apapun keputusannya, itu keputusan kita sendiri. Mau punya anak kapan, mau punya anak berapa. You're the one who will be in the game 24/7.
Menurut gw, that's your own battle. You own every decision and noone can judge you on that.


No comments:

Post a Comment