Size of my brain

Come, read and rest your brain (maybe) forever

Monday, February 4, 2013

Potty training - the next phase

Mungkin udah pada tau kalo gw ini tipe yang suka bertahap. Mulai dari menyapih yang gw lakukan bener2 bertahap selama hampir 6 bulan, sampai sekarang potty training pun begitu. Alasannya simple, gw ga mau maksain ke Ius hal2 yang seharusnya dia putuskan sendiri dan masih dalam "teritori" nya sendiri. Dan tentunya, gw juga berharap dengan begitu, dia jadi lebih mandiri pada waktu nya.

Jadi potty training ini sebenarnya udah gw mulai dari dia umur 2 tahun lebih beberapa hari. Siang2 kalo lg main, gw udah ga pakein dia clodi or diapers lagi. Gw pun mulai berburu celana dalam mini yang lucuk2 *horeee belanjaaa* .
Selanjutnya, Ius kalo bobo siang juga gw lepas clodi nya. Dan ga memakan waktu lama sampe anaknya terbiasa. Adapt nya tergolong cepat. Ada lah sesekali "bocor" misalnya anaknya lg asik main, dan ga mau pas disuruh pipis, eeehhh akhirnya "jebol"
Atau pas tidur siang juga beberapa kali "bocor". Tapi bagi gw itu normal lah. Sampe sekarang juga kejadian kok kadang2 masih suka ngompol siang2, I let it be.

Dan beberapa minggu yang lalu gw mulai berpikir untuk naik level. Lepas diapers Ius kalo bobo malam. Selama ini memang emaknya yg ga siap sih....ga siap repot *tolong jangan rajam saya*
Anak nya keliatan udah lumayan siap. Kadang2 mau bobo malam dia suka minta pipis dulu. Dan bangun pagi diapersnya masih kering. Tapi yah masih ga konsisten, kadang diapers nya pagi2 juga udah penuh :p
Waktu Jakarta dilanda banjir pertengahan January kemarin, gw terjebak di rumah ga bisa kemana2 donk yah. Bermodalkan internet buar browsing mulai lah gw berburu alat tempur.
Gw memutuskan untuk beli training pants. Padahal dulu sempat kepikiran ga usah melalui tahapan training pants. Langsung celana dalam aja. Tapi apa daya training pants di ol shop itu lucuk bukan main Tapi akhirnya gw putuskan pake training pants saja, biar emaknya anaknya ga kaget.

Training pants datang, dicuci dan tersimpan dalam lemari selama beberapa hari. Emaknya nih yahhh...cari alasan melulu: "Tunggu deh diapersnya abis dulu, sayang baru beli ini", "Aah musim hujan, pipisnya lagi banyak kalo dingin2 gini" Pokoknya cari pembenaran melulu dah *selftoyor*
Akhirnya, minggu lalu abis sikat gigi dan lagi mau ganti piyama, si bocah ngelihat ada training pants lucu teronggok mengenaskan di laci baju nya. Dan secara itu pants gambar mobil, truck, traktor...langsung donk si bocah dengan tegas mengatakan: "Pakai ini aja ya, mami"
Jedeeeerrrr...jadilah malam itu diapers dilepeh dan selamat datang training pants.

Langsung emaknya heboh pesan2 ke anaknya: "Ius, nti kalo mau bobo pipis dulu yah, kalo ngompol sayang kan celana truck nya nti basah" Dan ternyata pesan sponsor ini ampuh! Si anak nurut kalo diajak pipis, dan selama seminggu cuma "bocor" sekali aja :)
Tidur nya juga masih gw lapis pake bedcover bayi nya dia. Biar kalo bocor, ga langsung kena sprei dan kasur nya. So far, so lancar lah process ini.

PR gw selanjutnya : lepas diaper Ius di sekolah dan waktu jalan ke mol (dan tempat2 lain). Oh yah, satu lagi PR nya, potty training for pup. Anak ini masih ga mau pup di toilet hikss...ogah banget, bisa nangis2 kalo lagi "ngeden" mau pup kita pindahin ke toilet. PR banget dah yang ini *lap keringet*

Tapi bagaimanapun, I am one lucky mom. Ga terlalu banyak drama dalam semua milestone anak kicik ku ini. He is truly a great partner! Love ya much, Icarus.

No comments:

Post a Comment