Size of my brain

Come, read and rest your brain (maybe) forever

Friday, February 15, 2013

Why so bitter?

Jadi nih yah, gw akhirnya ga tahan juga buat komen some poeple yang hidupnya (terlihat) sooo bitter dan penuh amarah kepada apapun (mungkin juga siapapun).
Mungkin ada yang masih inget malam tahun baru lalu. Di twitter, BBM maupun social media yang lain berseliweran komen dan pendapat yang menentang perayaan tahun baru yang (mereka anggap) terlalu berlebihan.
Dan kejadian yang sama terjadi lagi donk yah kemarin, pas Valentin (Palentin-an, kalo kata genk #otakicik gw).

Kalau cuma sekedar menyuarakan pendapat pribadi sih menurut gw masih oke lah. Tapi kalo udah mulai menjurus nyinyir, menghakimi dan being bitter, itu jadi annoying lho. Apalagi, misalnya di twitter, itu orang nge-twit hal yang sama puluhan kali dengan kata2 kasar, penuh amarah, menghakimi dan berasa paling bener sedunia.

Contoh:

"Apa2an pake acara rayain tahun baru segala!!!! Buang2 duit, kalo sudah merasa kaya, sumbang lah ke fakir miskin!!!"

"Valentine? Hare geneeee valentinan? Ga mutu! Komersialisasi itu!! Kita semua dibodohin budaya barat!!!!"

Yah dan banyak lagi lah komen2 semacam itu bertebaran di depan mata gw.
Yang gw liat adalah, maksud dasar dari "keberatan" tersebut mungkin baik. Tapi karena cara penyampaiannya, malah bikin orang antipati dan annoyed. Kesannya menghakimi, sok tau, merasa paling benar, nyinyir dan kayak lagi mau perang dunia (sumpah, beneran deh! Banyak hal lain yg bisa lo urusin dibanding ngurusin orang2 yg mau ngerayain suatu event).
Apalagi dengan mengkait2an hal itu dengan moral seseorang. Yang party-party itu atau yg ngerayain itu, udah pasti ga pernah amal, ga pernah nyumbang, ga pernah peduli sesama, hidupnya duniawi, hedon, dll, etc, dsb. (gw ga melebih2kan lho yah, gw sering dengar/baca pendapat seperti itu). Yah kalopun dia ga pernah amal atau hedon, so what? Apa major impact nya ke hidup elo? Apa untungnya lo ngurusin selain cuma demi kepuasan menyalurkan hasrat nyinyir doank. (ngaku aja deh).

Seperti pernah gw bilang (entah di blog ini atau di twit gw atau dimana lah itu gw lupa), belum tentu orang yang doyan party, hidupnya bahagia, shopping kanan kiri, nge-mall 7 hari seminggu, ngafe 3 kali sehari, clubbing dari pagi sampe pagi lagi; belum tentu mereka ga inget amal, moralnya bobrok, otaknya somplak...belum tentu. Dont judge! At the end, who are we to judge?

Tuh kan jadi melebar kemana2 tulisannya. Jadi intinya, stop being bitter lah. Salurkan energi itu ke tempat lain. Ke hal positif lain, daripada nyinyir sama orang yg party ngerayain tahun baru pake kembang api, mending lo jualan kembang api trus duit hasilnya jualan buat lo sumbangin ke anak2 jalanan (misalnya lho yaaa).
Pas Valentine, yah jualan bunga aja...hasilnya buat elo bantu2 korban banjir. Pramuka bin PPKn banget ya? Tapi daripada lo nyinyir di socmed, irritating everybody lho (or maybe that's the purpose?? hihihi)

Ya sud lah, sekian dulu untuk kali ini.

No comments:

Post a Comment