Size of my brain

Come, read and rest your brain (maybe) forever

Wednesday, October 31, 2012

Masih soal menyapih - final phase

Jadi sudah seminggu ini gw mulai tahap akhir proses penyapihan Ius. Seperti gw ceritakan sebelumnya di SINI kalo gw memakai cara "sapih bertahap" untuk Ius.
Dan menurut gw di umur nya yang hampir 2y5m, Ius udah siap buat lepas 100% dari ritual menyusui. Tahap akhir: Lepas sesi menyusui malam sebelum tidur *tabuh genderang*

Cukup challenging sih, apalagi Ius udah bisa bernegosiasi dan bilang apa yang dia mau. So far, seminggu ini sempat bolong 1 hari, di hari ke-2 yang akhirnya karena ga tega, gw nyerah juga. Menyusu lah Ius walo ga sampai 5 menit karena gw bilang: "Oke, Ius bole nen, tapi sebentaaaarrrr aja yah..." Anaknya pun ngangguk2 dengan mata berkaca2 *hiksss...sedih liatnya*

Dari hari ke-3 sampai tadi malam, Ius udah ga nen malam lagi. Tapi udah 3 malam ini tiap malam dia selalu nangis2 minta nen. Gw coba jelasin berulang kenapa dia udah ga nen lagi. Anaknya keliatan ngerti, tapi keinginan dia buat nen masih ada.
Jadilah selama 3 malam ini, ada sekitar 10-15 menit Ius gegulingan dulu di tempat tidur, trus peluk2 gw, trus coba tarik2 baju gw minta nen :(
Ga tega liatnya, tp gw masih bisa nahan dan anaknya juga masih dalam tahap yang bisa dikasih pengertian walo harus lewat acara nangis dan merengek dulu.
Ending nya selalu sama, dia bakal bobo' miring trus minta ditepok2 pantatnya hehehe...

Yah, semoga ini yang terbaik buat Ius dan gw juga. Gw tetap pada komitmen awal, kalo gw liat ke sini nya Ius juga makin ga nyaman dan ga siap disapih, I can pull back the process. Again, breastfeeding is our journey, Ius and me. So, it has to be the decision from both of us to start, to enjoy and to end the journey :)

I love you, Icarus. My best partner for the last (almost) 2,5 years of magical breastfeeding journey!

No comments:

Post a Comment