Size of my brain

Come, read and rest your brain (maybe) forever

Wednesday, August 14, 2013

Ambisius?

Sebenarnya udah lama mau nulis ini, tapi kelupaan dan tergantikan oleh hal2 lain. Trus entah kenapa tadi malam, liatin anak kicik yang lagi tidur, tiba2 keinget lagi sama topik ini.
Sebenarnya ini gw mau curcol sih...so bear with me :)

Singkat cerita, gw beberapa kali disebut/dijudge/dilabeli sebagai emak ambisius. Bagi yang bener2 kenal gw, mungkin akan mengangkat alis dan komen: "Masa sih?"
Karena yang bener2 kenal gw, baik itu keluarga atau teman2 dekat, tau pasti betapa kurang ambisius nya gw kalo udah menyangkut soal Ius. Gw ga bilang gw ga ambisius samsek. Ambisius itu pasti ada di tiap ibu, cuma memang kadar ambisius-ness (bahasa apa pula ini) gw ga gede. Ambisi terbesar gw dari Ius masih dalam perut adalah: "He will be a happy baby, happy boy, happy teenager, happy man" That's it.
Nah jalan menuju dia menjadi "happy" ini yang memang berliku2. Sebagai emak nya, gw diharuskan membantu Ius mencari dan eksplore hal2 yang bikin dia happy. Mulai dari hal simple like cuddling, mainan, timezone, MAKANAN (ini yg utama) sampai dengan mengembangkan hobby nya. I said hobby...not talent or bakat. Gw sadar, my son may have talent in things that he doesn't like or makes him happy. Jadi kalo dia punya hobby yang kebetulan adalah bakatnya...maka bersyukurlah gw. Kalo ngga, gw balik lagi ke ambisi utama gw: "Ius happy"

Rendah nya level ambisius-ness gw, bikin gw sempat disebut "emak ga pedulian" (serba salah yah, neeekkk). Misalnya umur 4 bulan Ius belum bisa tengkurap, gw santai minta ampun. Umur 1 tahun Ius belum ngomong, gw cuek bebek. At the end, Ius would decide when he wanted to do those milestones.

Nah trus kenapa donk tetiba gw disebut emak ambisius? Trigger awal nya adalah ketika gw dan suami memutuskan menerapkan multi languange ke Ius. Ini juga yang gw sempat diceramahi : "ini nih yg bikin anak nya telat ngomong" *tutup kuping, sumpal mulut yg ngomong pake pampers*
Lalu, ketika gw mulai masukin Ius sekolah di umur 17 bulan. Walo cm kelas playdates 1-2x seminggu dimana gw or suster nya masih ikut masuk kelas. Masih untung Ius ga gw masukin sekolah umur 6 bulan yah, bisa dirajam sekampung gw kayaknya. *sigh*
Waktu gw masukin Ius ke preschool nya yg sekarang, ada lagi donk tentu nya yg komen. Standard lah: "Mahal amat? International yah ga usah lah internasional. Jgn AMBISIUS? Yakin worth it? Ga sayang kan masih preschool n TK doank lho." *kembali tutup kuping, tunjukin slip gaji...nooh gaji gw gede, duit bukan masyaaalaaaahhhhh* *kemudian ditampar*

Dan gong nya...beberapa bulan lalu gw daftarin Ius buat les musik. Gw dan suami punya pertimbangan bahwa anak harus dikenalkan dengan musik dan olahraga. Perkara nanti nya dia suka atau ngga, mau mendalamin atau ngga, itu biar si anak yg putuskan. Yang penting dia ngerasain dulu deh.
Nah mulai deh komen2 bersliweran. Mulai dari Ius nya yg dianggap masih kekecilan lah, yang bilang ini cuma ambisi emak nya lah, emaknya kebanyakan duit lah *amiiinnnn*.
Kadang gw kasian yah sama emak2 zaman sekarang, ga cukup pusing kerja + ngurusin rumah/anak/suami. Masih ditambah beban mental dari orang2 yang sebenarnya ga tau apa2, tapi cuma pengen nyinyir doank.

I know, gw nulis beberapa kali dengan topik yang mirip seperti ini. Again, I am not whining, not complaining, not blaming. I just write it down, so I can read it one day in future and ensure I will not do any of those stuffs (nyinyir, kompetitip ga penting, judging ga jelas, komen tanpa dipikir). Gw ga bilang gw ga melakukan hal2 itu. Gw masih sering gemes liat anak2 yg disodorin sinetron sm emak2 nya, masih suka ngomong pedes kalo liat anak2 terlihat "dipaksa" melakukan sesuatu oleh orang tua nya (dipaksa makan porsi kuli, dipaksa mandiri sebelum waktunya), etc etc.
I am learning to limit myself, though. Trying very very hard :)

No comments:

Post a Comment